Mercusuar-media pembelajaran dari barang bekas ( IPA Kls. 6 )

Suatu ketika, seorang sahabat yang mengajar di kelas 6 mengajak saya untuk berdiskusi kecil tentang materi praktek IPA tentang listrik dan penghasil listrik lainnya. “Jangan mahal-mahal ya Pak, itu… beli bahan-bahannya.” Sayajawab, ” Tenang, dikau cukup membeli cat, batere baru, lem kayu dan isolatip. Dua terakhir juga tersedia di sekolah. Selebihnya bahan baku yang dibutuhkan tersedia gratis di rumah dan di kantor tata usaha sekolah.” Saya meninggalkannya dalam keadaan bingung. Iseng sedikit tidak apa-apa kan..?!

Saya mengajarinya selepas mengajar di rumah saya. Kebetulan, bahan bakunya sudah dipersiapkan. Saya mengajarinya tahap demi tahap. Harus dia yang mengerjakan, supaya nanti ketika mengajari siswanya itu karena dia sudah lebih dulu membuatnya. Prinsipnya, mengalami tidak sama dengan mengamati. Ini hasilnya setelah beberapa saat.

3 buah batere bekas dibungkus dengan kertas limbah hvs di tata usaha. Suapaya kuat, setelah diberi lem ditambahkan isolatip. Atapnya dari kardus bekas di kantin, mikanya dari proposal tak terpakai di kantor tata usaha. Setelah itu membuat pulaunya dari gumpalan kertas bekas, ditaruh di atas triflek bekas.

Ketika selesai, gabungkan keduanya : pulau dengan mercusuar. Tampilan sebelum finishingnya seperti ini.

Hasil akhirnya seperti ini. Tadaaaaaaaaaaaaaaaaa….

Alhamdulillah….selesai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s