POKAHONTAS : Kelompok Pecinta Pohon & Kertas

Membaca tulisan di surat kabar, internet dan media lainnya tentang deforestasi menyisakan satu pertanyaan utama di benak saya, : Bagaimana cara menyampaikannya secara sederhana kepada siswa-siswa di sekolah dasar saya. Yang saya tahu, mereka masih pemikir konkrit, belum terlalu menguasai pola berpikir abstrak. Itu yang pertama, yang kedua saya ingin membimbing mereka untuk berfokus pada solusi, sambil memanfaatkan energi mereka yang berlebih.Lewat serangkaian diskusi dengan istri dan beberapa teman, lahirlah program POKAHONTAS : Kelompok Pecinta Pohon dan Kertas.

Kata ‘kelompok’ dipilih dengan alasan karena ia adalah kumpulan individu, individu yang memiliki kepedulian dan dengan kepeduliannya ia menggerakkan perubahan.  Harapannya jelas, dari kelompok-kelompok ini akan lahir komunitas-komunitas  peduli lingkungan yang pada gilirannya akan membentuk sebuah society : masyarakat yang bukan hanya memiliki kapasitas dan kapabilitas, tapi juga kepedulian  pada lingkungan. Untuk penanaman pohon, saya membimbing siswa untuk menanam tanaman anti polutan yang mudah di dapat seperti tanaman-tanaman aglonema dan sanseviera.

Kami memilih bergerak dari sekolah ke sekolah, karena salah satu tempat yang memproduksi limbah kertas terbanyak adalah sekolah. Bayangkan, jika tiap sekolah mampu  mendayagunakan kertas-kertas bekas yang jumlahnya bisa mencapai puluhan kilo menjadi sebuah kreatifitas yang punya nilai komersil, serta tanaman anti polutan yang bisa menyokong udara murni hingga lebih dari 2 kg dalam kurun waktu 24 jam….

Untuk yang ini, saya mau bilang “Wow”……………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s