Green Ramadhan 2012 : Little Greeneration

Ini kali kedua pelaksanaan Green Ramadhan di YPI Al Mustofa. Temanya adalah Salam Untuk Bumi. Siswa-siswa SDIT di lingkungan YPI Al Mustofa sudah membuat lukisan dinding/mural tentang ajakan membuang sampah pada tempatnya, memilahnya lalu mendaur ulang sampah tersebut.

Tahun ini pula berdiri tempat pembuatan kompos, bermodalkan hibah mesin pencacah daun dari sahabat-sahabat di Tangerang selatan kami menyisakan ruang di belakang sekolah untuk dijadikan Pusat Daur Ulang YPI Al Mustofa.

Setelah asyik melukis di dinding bersama guru mereka, kini giliran mata mereka disuguhi tayangan-tanyangan yang mengundang kekaguman sekaligus keheranan yang mewakili kebelumtahuan mereka tentang bumi ini, bumi yang hanya satu ini.

Kini mereka tahu, buku tulis yang mereka gunakan berasal dari pohon-pohon di hutan yang terus ditebangi setiap hari. Bibit yang di tanam tidak sebanding dengan pohon yang di tebang. Siswa kelas 5 dan 6 kini tahu, 3 ton kayu yang di tebang hanya menghasilkan 1 ton kertas.

Penutup, mereka menonton sebuah film animasi tentang hutan yang saya download dari you tube. Mereka sungguh menyimak seluruh rangkaian acara, saya tahu itu… ketika saya memuntahkan pertanyaan-pertanyaan ke hadapan mereka. Luar biasa….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s